Selasa, 16 Desember 2008

kempo...iicchhh....tatuuuttt....!!!

Unnar Siapkan Akademi Kempo

SURABAYA - Slogan Surabaya Kota Atlet sudah didengungkan dalam beberapa tahun terakhir. Program yang digagas KONI Surabaya itu tidak bisa berjalan tanpa ada kerja sama dengan elemen-elemen lain di luar olahraga.

Karena itu, salah satu lembaga yang jadi bagian dari sinergi tersebut adalah lembaga pendidikan. Nah, Universitas Narotama (Unnar) merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menjalin kerja sama dengan KONI Surabaya. Mereka layaknya orang tua asuh untuk olahraga bela diri.

Tak heran, cukup banyak atlet bela diri Jatim yang menimba ilmu di universitas yang berdiri sejak 20 Februari 1981 tersebut. Bukan hanya itu, kini mereka berencana menggagas Akademi Kempo yang menjadi bagian dari Universitas Narotama.

"Ke depan, tujuan kami adalah membangun sebuah Akademi Kempo. Itu merupakan bentuk kepedulian kami terhadap prestasi di bidang olahraga," ungkap Rr. Iswachyu Dhaniarti, ketua pembina Yayasan Pawiyatan Gita Patria (YPGP), yang membawahi Unnar, kemarin (2/8).

Langkah menuju Akademi Kempo itu dimulai dengan seminar sehari tentang Shorinji Kempo. Seminar tersebut menghadirkan tiga pembicara. Yakni, Ketua Dewan Pakar Jatim Daniel M. Rosyid, dosen FIK Unesa Wijono, dan pengurus PB Perkemi Arief Candra Setiawan.

Dalam seminar tersebut, dipaparkan arah pembinaan kempo sebagai seni bela diri dan olahraga prestasi. Selain itu, upaya lebih memopulerkan olahraga yang berasal dari Jepang tersebut, termasuk kempo for kids.

Kempo for kids adalah upaya mendekatkan seni bela diri yang diciptakan Kaiso Doshin So tersebut kepada anak-anak. Sebab, pada jenjang anak-anaklah, pembentukan watak serta mental seseorang dibentuk. Kebetulan, bukan hanya fisik yang diutamakan di kempo, juga kejiwaan. (ham/ko)


Tidak ada komentar: